Jumlah Pengunjung Objek Wisata Bojonegoro Meningkat

0
2809

Bojonegoro, (Antara Jatim) – Jumlah pengunjung tiga objek wisata di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yaitu Kayangan Api, Waduk Pacal dan Dander Water Park, juga sejumlah objek wisata yang dikelola kelompok sadar wisata (pokdarwis) desa, terus meningkat dalam tiga bulan terakhir.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Dyah Enggar Rini, di Bojonegoro, menjelaskan, meningkatnya jumlah wisatawan domestik (wisdom) di daerahnya karena adanya perbaikan fasilitas penunjang di tiga objek wisata itu.

Selain itu, lanjut dia, juga berkembangnya sejumlah objek wisata yang dikelola kelompok sadar wisata (poldarwis) desa.

“Jumlah pengunjung di tiga objek wisata yang dikelola pemkab itu, jauh meningkat kalau dibandingkan pengunjung dalam dua tahun terakhir,” ucapnya.

Ia memberikan gambaran pengunjung objek wisata Kahyangan Api di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem, sebanyak 22.588 wisdom pada 2014 dan 34.729 wisdom pada 2015.

Tapi, ia membandingkan pengunjung Kayangan Api tahun ini, hanya dalam tiga bulan bisa mencapai 32.977 wisdom.

Di lain pihak, pengunjung Dander Water Park tahun ini hanya tiga bulan bisa mencapai 66.197 wisdom, padahal dalam dua tahun terakhir masing-masing hanya 6.714 dan 4.802 wisdom.

Selain itu, pengunjung Waduk Pacal di Desa Kedungsumber, tahun ini dalam tiga bulan bisa mencapai 9.585 wisdom, dan dalam dua tahun terakhir masing-masing hanya 1.124 wisdom dan 14.409 wisdom.

“Jumlah pengunjung sejumlah objek wisata yang dikelola desa juga tinggi dari wisdom lokal, tapi juga luar daerah,” ucapnya, menegaskan.

Sesuai data yang diperoleh, agrowisata belimbing di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu, jumlah pengunjung dalam tiga bulan terakhir mencapai 35.953 wisdom.

Wisata edukasi gerabah di Desa Rendeng Kecamatan Malo, sebanyak 2.188 wisdom dan agrowisata salak di Desa Tanjungharjo Kecamatan Kapas, sebanyak 420 wisdom. Lainnya, jumlah pengunjung objek wisata alam “Negeri Atas Angin” di Desa Deling Kecamatan Sekar, mencapai 45.123 wisdom dan Kedungmaor di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang, sebanyak 500 wisdom.(*)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here