GEBYAR PAWAI BUDAYA 2018 MELAHIRKAN PEMENANG YANG SANGAT BERKUALITAS

0
2430

BOJONEGORO – Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam rangka Hari Jadi Bojonegoro yang ke-341, pada tanggal 12-14 Oktober 2018 Pemerintah kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro kembali menggelar Pawai Budaya pada tahun 2018 ini. Ribuan peserta menampilkan beragam tema budaya lokal dan masyarakat pun sangat berantusias untuk menyaksikan hingga pawai usai.

Dalam pawai budaya tersebut setidaknya diikuti oleh 29 kelompok Paud (4 tahun ke atas) yang tampil meramaikan sepanjang jalan rute pawai budaya pada Jumat lalu (12/10/18) dengan tema “Potensi Buah Lokal Bojonegoro”. Sedangkan pada hari ke-2 (13/10/18) diikuti 32 kelompok yang terdiri dari 23 kelompok dari tingkat SD/MI yang menampilkan Tari bertema “Potensi Desa sebagai Identitas Kekayaan Budaya Lokal” dan 9 kelompok SMP/MTs menyuguhkan “Musik Tradisonal Pentatonis maupun Perkusi (Non Elektrik) yang mengangkat Kearifan Lokal Bojonegoro yang Bersumber dari Potensi Budaya Lokal yang Ada”, serta 47 kelompok dari tingkat SMA sederajat dan Umum menampilkan dengan tema “Upacara Adat” pada hari ketiga (14/10/18). Panitia telah menunjuk para dewan juri yang terdiri dari Seniman dan Budayawan Lokal dan Luar Daerah untuk memberikan penilaian kepada seluruh peserta dengan 5 aspek penilaian untuk menentukan juara.

Adapun para pemenang untuk masing-masing kategori/tingkat adalah sebagai berikut:

Pemenang Pawai Budaya tingkat PAUD (4 tahun ke atas) :

                  (Juara 1 PAUD Aba Alam II)
                         (Juara 2 TK Setda II)
                  (Juara 3 PAUD Santo Paulus)

Juara 1 PAUD ABA ALAM II dengan menampilkan sub tema Tari Salak Wedi, TK SETDA II sebagai juara kedua dengan sub tema Naga Bonar, dan PAUD Santo Paulus dengan sub tema Ayo Mangan Belimbing sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk juara harapan 1, 2, dan 3 diraih KB Tunas Kartika, KB Islam Terpadu Permata Hati, dan Paud Al-Hidayah.

 

Pemenang Pawai Budaya tingkat SD/MI : 

                      (Juara 1 SDN Kauman 1) 
                 (Juara 2 SD Muhammadiyah II)
                    (Juara 3 SDN Kadipaten 1)

SDN KAUMAN 1 menyuguhkan sub tema Tari Grahono Bulan sebagai juara pertama, disusul SD Muhammadiyah II dengan sub tema Tarian Iwak Manggut Bojonegoro, dan sebagai juara ketiga diraih SDN Kadipaten 1 dengan sub tema Weden Sawah. Sedangkan untuk juara harapan 1,2, dan 3 diraih SD Katolik Santo Paulus, SDN Kepatihan, dan MI Islamiah Mojokampung.

 

Pemenang Pawai Budaya tingkat SMP/MTs :

                  (Juara 1 SMPN 2 Bojonegoro)
                  (Juara 2 SMPN 5 Bojonegoro)
                  (Juara 3 SMPN 1 Bojonegoro)

Juara pertama diraih SMPN 2 Bojonegoro menampilkan dengan sub tema Kyai Tundung Mala, Juara kedua SMPN 5 Bojonegoro dengan sub temal Musik Tradisi Pengusir Nini Dhiwut dan Kaki Dhiwit, dan sebagai juara 3 diraih SMPN 1 Bojonegoro dengan sub tema Gurak Manuk. Sedangkan juara harapan 1,2 dan 3 diraih oleh SMPN Model Terpadu, SMPN 4 Bojonegoro dan MTsN Bojonegoro.

 

Pemenang Pawai Budaya tingkat SMA/MA :

                  (Juara 1 SMKN 2 Bojonegoro)
                 (Juara 2 SMAN 4 Bojonegoro)
                (Juara 3 SMAN MT Bojonegoro)

Juara 1 SMKN 2 Bojonegoro menyuguhkan dengan sub tema Tedhak Siten “Tradisi Menyongsong Masa Depan”, SMAN 4 Bojonegoro sebagai juara kedua dengan sub tema Upacara Panggih Pengantin Bojonegoro dan SMAN MT Bojonegoro dengan sub tema Upacara Adat “Gumbregan” sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk juara harapan 1, 2, dan 3 diraih SMKN 1 Bojonegoro, SMAN 1 Bojonegoro dan SMK SIANG 1 Bojonegoro.

 

Pemenang Pawai Budaya tingkat UMUM :

    (Juara 1 Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro)
                           (Juara 2 Katalia)
                  (Juara 3 Kelurahan Kadipaten)

Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro sebagai juara pertama dengan sub tema Upacara Ider-ider, Katalia sebagai juara kedua dengan sub tema Kirab Encek Nganten, dan Kelurahan Kadiapten sebagai juara ketiga dengan sub tema Mayu Cungkup Mbah Buyut Dalem. Sedangkan untuk juara harapan 1,2, dan 3 diraih oleh Kelurahan Sumbang, Paguyupan Seni Oklik New Laras Anom dan Pemuda Dukuh Siwalan. *(on)

 

 

 

 

 

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here