FESTIVAL REOG JARANAN TAHUN 2017

0
2538

Festival Reog Jaranan yang diadakan di halaman Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro pada 10 Desember 2017 dibuka oleh Bupati Bojonegoro. Kang Yoto mengapresiasi kepada Pajarebo dan Disbudpar Bojonegoro karena terlaksananya acara ini dengan sangat meriah dan dapat menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Bojonegoro.

Sebanyak 11 grup reog jaranan dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bojonegoro mengikuti event yang diselenggarakan Paguyuban Reog Bojonegoro (Pajarebo) yang dipimpin oleh Bapak Alim Suroso ini dalam rangka memeriahkan HUT Ke-340 Kabupaten Bojonegoro.

11 Grup peserta tersebut yaitu Atmojo Putro (Dander), Jaranan Putra Birawa (Temayang), Turonggo Mudo (Desa Pacul, Kecamatan Kota), Putro Kiderpo (Sekar), Turonggo Sakti Budoyo (Desa Sidodadi Kecamatan Sukosewu), Wenung Budoyo (Dander), Singo guntur Bawono (Sukosewu), Safitri Mudo Bhirowo (Desa Sumberarum, Kecamatan Dander), Taruno Budoyo (Desa Glagahwangi, Kecamatan Sugihwaras) dan Gembong Singo Joyo (Desa Panjang, Kecamatan Kedungadem). Grup reog dan jaranan yang menjadi peserta didukung berkisar 8-10 personel per grupnya.

Suyanto, S.Pd selaku Kabid Kebudayaan Disbudpar menuturkan bahwa kegiatan tersebut selain sebagai ajang pelestarian budaya juga diharapakan mampu menumbuhkan ekonomi rakyat yang berdampak dengan adanya festival tersebut. Pelestarian yang dimaksud dalam hal ini adalah adanya regenerasi para seniman reog jaranan, hal ini dapat dilihat bahwa 90% peserta adalah usia muda dan penontonnya pun hampir sebagian besar berusia muda. Harapan untuk kedepannya juga agar event ini terus berjalan dan peserta semakin meluas tidak hanya lokal dari Bojonegoro.

 

Berikut ini nama-nama grup beserta peringkat juara pada Festival Reog Jaranan tahun 2017, yaitu :

  1. PUTRO KIPERPO – JUARA 1
  2. SAFITRI MUDHO BHIROWO – JUARA 2
  3. WIJOYO PUTRO – JUARA 3
  4. WENUNG BUDOYO – HARAPAN 1
  5. ATMOJO PUTRO – HARAPAN 2
  6. JARANAN PUTRA BHIRAWA – HARAPAN 3

 

 

 

 

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here