Disbudpar Gelar Ruwatan Massal 2020 dalam Rangka Simulasi Uji Coba Adaptasi Tatanan Baru

0
875

BOJONEGORO – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis (20/08/2020) menggelar kegiatan Ruwatan Massal Tahun 2020 di Lokasi Objek Wisata Kayangan Api, Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Acara ini juga merupakan simulasi uji coba dalam rangka adaptasi tatanan baru di obyek wisata, sehingga jumlah peserta yang dapat megikutinya terbatas yaitu sebanyak 40 peserta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. Budi Irawanto, M.Pd; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Djoko Lukito; Staf Ahli Bupati, Ninik Susmiati; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata; Budiyanto S.Pd, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bojonegoro, Elsadeba Agustina; Fopimca Ngasem dan Pemdes Sendangharjo Kecamatan Ngasem.
Wayang kulit dalam ruwatan ini mengambil lakon Murwakala dengan menghadirkan dalang Ki Saemo Gondo Carito asal Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Ruwatan berasal dari kata ruwat yang dalam bahasa jawa memiliki arti membuang sial atau menyelamatkan orang dari gangguan tertentu, dari suatu kondisi yang umum dalam suatu keluarga maupun pada diri seseorang.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here