Waduk Pacal

0
3227

Waduk Pacal adalah sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1933. Berlokasi di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, tempat ini dibangun untuk mencukupi kebutuhan irigasi pertanian di wilayah sekitar hingga saat ini.

Keindahan alam di sekitar waduk membuatnya tak sekedar tempat penampungan air. Pepohonan rindang yang menghiasi kawasan Waduk Pacal membuat sejuk dan nyaman wisatawan yang datang.

Dengan harga tiket yang cukup murah, yakni Rp. 5.000,- para wisatawan sudah bisa menikmati lokasi wisata ini. Setiap weekend dan hari libur, lokasi ini selalu ramai dikunjungi. Banyak pengunjung yang memilih menikmati waktu liburnya di tempat ini karena lokasinya yang nyaman.

Transportasi

Waduk Pacal berjarak hanya satu jam dari Kota Bojonegoro. Cara termudah untuk sampai di sana adalah dengan bergabung dengan tur, atau menyewa mobil di hotel penginapan Anda.

Selama perjalanan, Anda bisa menikmati kerindangan hutan di jalan menuju lokasi.

Yang Dapat Dilakukan

Anda bisa menikmati berkeliling waduk dengan menyewa perahu yang disewakan di lokasi. Selain itu, aktifitas memancing juga dapat dilakukan di lokasi ini. Dengan kondisi alam yang rindang, Waduk Pacal menjadi tempat piknik bersama keluarga. Banyak pengunjung memilih tempat ini untuk melakukan pengambilan gambar prewedding dan fotografi.

Tempat Makan

Warung Semok

Jl. Raya Waduk Pacal – Nganjuk, Temayang, Bojonegoro

Warung Semok berada sekitar 3 Km dari lokasi Waduk Pacal. Warung ini menjual makanan khas Ikan Gloso dan Nila yang didapatkan dari perairan waduk. Selain itu juga ada udang goreng yang disajikan dengan sambal uleg khas pedesaan. Meskipun hanya warung sederhana, tempat ini selalu ramai pembeli.

Tempat Menginap

Karena Waduk Pacal hanya satu jam dari Kota Bojonegoro, pengunjung bisa memilih hotel atau penginapan di wilayah kota. Hal ini dikarenakan belum tersedia hotel dan penginapan di wilayah Kecamatan Temayang.

Tempat Belanja

Anda bisa berkunjung ke Desa Jono, Kecamatan Temayang, yang terkenal dengan souvenir batik khas Bojonegoro, yakni Batik Jonegoroan. Lokasi Desa Jono tidak terlalu jauh dari Waduk Pacal.

Tips dan Saran

  • Anda bisa mengunjungi Waduk Pacal saat musim kemarau belum pada puncaknya, karena saat puncak, air di waduk sudah habis.
  • Ada baiknya Anda menggunakan topi atau payung saat mencoba menikmati bangunan waduk yang menjadi ikon dari lokasi wisata ini.
  • Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah cukup penting, karena di lokasi hanya ada beberapa warung kecil.

 

Lain-lain

Waktu Kunjungan Terbaik: Setiap waktu (kecuali saat puncak kemarau)

Pemandu: Tersedia (melalui jasa tur & travel)

Waktu Operasional: Setiap hari

Waduk Pacal

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here