Sebanyak 543 Anak Ikuti Prosesi Ruwatan Massal

0
113

Bojonegoro – Tahun ini radio Istana FM Bojonegoro kembali menggelar kegiatan ruwatan massal yang menjadi agenda tahunan sejak tahun 2009, tepatnya di Gedung Tri Dharma yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto Bojonegoro, Minggu (15/9).

Acara ini disambut antusias oleh masyarakat, terbukti dengan jumlah peserta keluarga yg diruwat pada tahun 2019 ini yaitu sebanyak 294 dengan jumlah anak 543. Dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro Drs. Kusnandaka Tjatur Prasetijo, M.Si. dalam hal ini mewakili Bupati Bojonegoro, beberapa perwakilan dari SKPD dan beberapa tamu undangan lainnya.

Acara yang digelar untuk memperingati bulan Syuro ke-2931 Tahun Jawa ini juga dimeriahkan dengan pergelaran wayang kulit dengan dalang ruwatan sejati Ki Hadi Sukoco bersama karawitan dari Paguyuban Mayagati Laras yang berasal dari Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Pergelaran wayang kulit ini tak hanya berhasil memikat hati orang dewasa tapi juga para remaja bahkan anak-anak sehingga pagelaran wayang kulit ini ramai dikunjungi warga khususnya warga Bojonegoro.

Prosesi Ritual Ruwatan sendiri dimulai sejak sekitar pukul 8 pagi. Dengan berbusana serba putih, usai registrasi para peserta beserta orang tua langsung masuk ke gedung Tri Darma untuk mengikuti prosesi ritual ruwatan massal. Diawali dengan sungkeman oleh para peserta yang diruwat kepada orang tuanya masing-masing. Setalah itu dilanjutkan dengan berdoa bersama lalu prosesi penjamasan dan prosesi terakhir yaitu rebutan sesaji yang telah disiapkan oleh panitia sebagai syarat dalam kegiatan ruwatan massal itu.

Harapannya dengan mengikuti Ruwatan Massal berarti sudah bebas dari murwokolo. Sehingga, mereka diberikan keselamatan oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, dijauhkan dari mara bahaya, diberikan kesehatan dan rejeki yang melimpah sehingga bisa menjalani kehidupan yang lebih baik. *(on)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here