Perkenalkan Budaya Tarian Khas melalui Workshop Kesenian Rakyat

0
205

(15/07/19) – Senin kemarin, para siswa dari tingkat SMP dan SMA berbondong-bondong menghadiri Workshop Kesenian Rakyat dalam rangkaian acara Bojonegoro Thengul International Folklore Festival di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Acara istimewa ini dihadiri oleh perwakilan dari 3 Negara yaitu Thailand, Bulgaria, dan Polandia.

Dalam kegiatan ini para delegasi Negara diperkenankan untuk memperkenalkan dan mengajarkan tari tradisional khas negara mereka kepada para siswa-siswi maupun masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. Delegasi Polandia nampak tampil pertama kali dengan tarian tradisional. Lalu disusul dengan Thailand dan Bulgaria. Tak kalah Bojonegoro pun juga mengajarkan dan memperkenalkan kepada mereka salah satu kesenian khas Bojonegoro yaitu Sandur. Mereka pun turut bersemangat dalam mengikuti gerakan tarian sandur.

Keseruan dari para peserta workshop pagi itu sangat nampak dari muka ceria dan antusias mereka dalam mengikuti setiap kegiatan penampilan dari masing-masing Negara. Tak hanya memperkenalkan tarian khas, masing-masing Negara juga memperkenalkan baju khas yang dikenakannya.

Setelah kegiatan workshop selesai, Pemkab Bojonegoro selanjutnya menggelar konferensi pers di lokasi yang sama sebagai penutupan acara Workshop Kesenian Rakyat. Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah mengungkapkan “Bojonegoro juga memiliki ciri khas terhadap kesenian tari dan juga adanya tamu dari luar negeri, maka ada pesan perdamaian, pesan kekeluargaan bahwa indonesia maupun masyarakat Bojonegoro adalah Negara yang aman, damai dan juga tentram”

Setelah konferensi pers selesai, para tamu dari ke tiga Negara tsb (Bulgaria, Polandia dan Thailand) kembali ke hotel untuk mempersiapkan performance di Stadion Letjen H. Soedirman pada malam hari pukul 19.00 WIB dalam rangkaian Opening Thengul International Folklore Festival. Tak hanya diikuti 3 Negara tsb, setelah mendarat di Bojonegoro Mexico pun juga akan turut melengkapi performance pada malam itu.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here