Pameran Seni “Negeri yang Sejati”

1
2784

dsc04531

Tarian Thengul menyambut kehadiran Bupati Bojonegoro, Suyoto, saat akan membuka pameran seni yang bertajuk Negeri yang Sejati, di Aston City Hotel Bojonegoro, Senin, (28/11) sore tadi. Pameran tunggal yang digagas oleh General Manager of Aston Bojonegoro, Ainur Rofiq Mustamar dan seniman Gatot Widodo itu mendapat apresiasi yang baik dari Kang Yoto.

Dalam sambutannya, Kang Yoto menyebut bahwa Bojonegoro memiliki sumber daya manusia yang mampu bersaing. Gatot Widodo yang merupakan seniman asli Bojonegoro dan sudah mampu go international, menjadi bukti bahwa kini Bojonegoro berani bermimpi. Dari Bojonegoro untuk dunia.

dsc04557

Seusai sambutan, Kang Yoto yang didampingi Gatot Widodo menyempatkan untuk melihat 43 karya lukisan yang dipamerkan, mulai dari karya batik painting, lukisan panel kayu dan lukisan kertas. Lukisan di panel kayu yang menggambarkan kisah Roro Jonggrang mendapat atensi tersendiri dari Kang Yoto. Menurutnya, sentuhan seni yang digambarkan dalam media kayu tersebut membuat panel kayu yang semula bernilai biasa menjadi bernilai tinggi.

Selain lukisan Roro Jonggrang, beberapa karya batik painting yang dipamerkan hampir seluruhnya mengambil tema tentang binatang, seperti lukisan Ikan Bengawan, Kala Senja Capung, Ikan Ikan Laut Merah, Mliwis Putih dan Langit Senja Pada Capung.

dsc04596

dsc04597

dsc04598

dsc04684

Sementara itu, Ainur Rofiq Mustamar, yang juga merupakan penggagas sekaligus promotor pameran seni lukis pertama di Bojonegoro ini menjelaskan, salah satu tujuan penyelenggaraan pameran adalah agar masyarakat Bojonegoro mengenal karya-karya dari Gatot Widodo, yang merupakan putra daerah Bojonegoro.

Ia mengakui jika perencanaan untuk persiapan pameran tunggal ini memang sangat singkat, yakni hanya sekitar 1,5 bulan. Meski demikian, menurutnya, karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini merupakan karya-karya terbaik yang dimiliki oleh seniman lulusan ISI Yogyakarta itu.

Dalam kacamatanya, Gatot Widodo merupakan seniman lukis yang menyukai karya abstrak figuratif, yang mana dalam setiap karyanya ia mampu menampilkan suatu objek yang memiliki ketegasan garis, salah satu contohnya dalam lukisan Roro Jonggrang.

Tema Negeri yang Sejati dipilih dengan makna filosofi bahwa kesejatian sebuah negeri dapat di lihat dari hati dan jiwa masyarakatnya. Selain itu, Negeri yang Sejati juga mengambil inti dari makna jati, yang merupakan salah satu anugerah alam di Bojonegoro.

Gatot Widodo sendiri merupakan seniman lukis yang belum banyak dikenal di Bojonegoro, namun namanya sudah mendunia lewat karya-karyanya. Terakhir, ia menggelar pameran di Chicago, Amerika Serikat, pada Maret 2016. Selain di Amerika, seniman yang lama menetap di Yogyakarta ini juga pernah menggelar pameran di Jerman, Belanda, Tiongkok dan Singapura.

Pameran di Aston City Hotel Bojonegoro ini sendiri terbuka untuk umum hingga 2 bulan ke depan. Para pengunjung yang berminat dengan karya-karya Gatot Widodo yang ditampilkan bisa memilikinya, karena lukisan-lukisan tersebut juga dijual.

dsc04609

dsc04613

dsc04615

dsc04616 dsc04617

dsc04619

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here