Disbudpar: Rekomendasi Pentas dan Registrasi Induk Pelaku Kesenian, Gratis!

0
3792

Bojonegoro, TourismBojonegoro — Kesenian dan Kebudayaan di Kabupaten Bojonegoro tetap lestari di tengah perkembangan zaman saat ini. Para seniman dan organisasi kesenian mampu bertahan seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro mencatat, di Bojonegoro hingga saat ini ada 103 seniman dan 229 organisasi kesenian yang terdaftar dan masih aktif berkesenian.

“Jumlah tersebut merupakan jumlah para seniman dan organisasi kesenian yang sudah mendaftar nomor induk Disbudpar, kalau dijumlah dengan yang belum terdata di lapangan pasti lebih banyak,” kata Supriyadi, Kasi Pelestarian Budaya Tradisional Disbudpar Bojonegoro.

Supriyadi menuturkan, untuk melakukan pendaftaran nomor induk baik untuk seniman dan organisasi kesenian, pihak Disbudpar tidak memungut biaya sepeserpun. Landasan dasarnya yakni Perda No. 25 Tahun 2005 tentang Penerbitan Nomor Induk Kesenian dan Rekomendasi Pentas Bagi Seniman dan Organisasi Kesenian, dan Perbup No. 1 Tahun 2011 tentang Larangan Pemungutan Retribusi.

“Jadi untuk pendaftaran nomor induk dan permintaan rekomendasi izin pementasan oleh para seniman maupun organisasi kesenian, pihak kami tidak pernah meminta biaya, semuanya gratis dan prosesnya pun mudah,” jelasnya.

Supriyadi mengharapkan agar para seniman atau organisasi kesenian yang belum mendaftar nomor induk bisa segera melakukan registrasi di kantor Disbudpar. Pendataan tersebut dilakukan setiap tahunnya dan sebagai bukti eksistensi dari para seniman di Bojonegoro.

Syarat untuk mendaftar yakni diantaranya, surat keterangan dari desa dan susunan anggota (bagi organisasi kesenian), foto copy KTP ketua kelompok dan pas foto 2×3 sebanyak 2 lembar. (dul)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here