Sedekah Bumi Masih Menjadi Budaya Adat Bojonegoro

0
243

Sedekah Bumi terus dilakukan berbagai desa di Kabupaten Bojonegoro, tak terkecuali di desa Dander Kecamatan Dander. Tradisi turun temurun sejak ratusan tahun ini dilakukan oleh warga untuk mensyukuri limpahan rezeki dan keselamatan yang diberikan oleh Tuhan.

Pagi ini Jumat Pahing (21/6) ratusan warga Desa Dander Kecamatan Dander Bojonegoro, berbondong-bondong berkumpul disalah satu destinasi wisata Bojonegoro “Dander Waterpark”, tepatnya di sekitaran area sumberan tirtawana untuk melakukan tradisi sedekah bumi atau biasa dikenal warga Bojonegoro dengan sebutan manganan dengan membawa berbagai makanan atau hasil bumi untuk melakukan ritual sebagai simbol syukur dan untuk kerukunan desa setempat.

Sementara itu, 4 tumpengan diarak dari Balai Desa Dander menuju ke sumberan tirtawana dengan diikuti kesenian jaranan.

Kepala Desa Dander Kiswoyo, menjelaskan, ritual adat ini pun digelar setiap setahun sekali dan sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Dander. Harapannya acara ini menjadi berkah untuk para warga, air sumberan bisa mengaliri sawah dan ladang masyarakat sehingga tanaman bisa tumbuh subur melimpah ruah.

Camat Dander Nanik Lusetiyani, S.Sos.MM dalam sambutannya berpesan untuk roda pemerintahan maupun pelayanan tetap dilakukan sebaik-baiknya. “Mudah-mudahan dengan memberikan sedekah warga masyarakat selalu diberikan limpahan rejeki, kesehatan dan juga kebahagiaan” imbuhnya.


Ditutup dengan tahlilan bersama yang ditujukan kepada para leluhur seraya berdoa memanjatkan syukur atas nikmat tuhan yang maha esa. Setelah itu dilanjut dengan pergelaran seni tayub yang rencananya akan digelar hingga malam

Menurut cerita salah satu warga, masih banyak warga setempat yang beranggapan dan masih percaya dengan mitos bahwa dalam pelaksanaan sedekah bumi harus ada kesenian tersebut di suatu daerah tertentu di Kab. Bojonegoro. Mereka masih percaya bahwa dalam pelaksanaan sedekah bumi tidak di ikut sertakan beberapa kesenian tesebut alam akan marah, dan biasanya setelah itu akan ada berbagai bencana alam yang akan terjadi.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here