Pesona Watu Gandul

0
595

Potensi wisata keindahan alam yang tersembunyi dibalik rerimbunan semak dan pepohonan ini begitu mempesona. Watu Gandul berada di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang. Untuk sampai ke lokasi membutuhkan keberanian dan tekad sebab jalan untuk sampai ke lokasi hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki dan trail. Tapi jika sudah sampai di lokasi akan menemukan kepuasan “berwisata” sebenarnya yang tak akan ditemui di tempat lain.

Watu Gandul itu diantara deretan batu-batu besar yang berserak akibat letusan gunung berapi pada masa lampau yang diperkirakan dari letusan Gunung Pandan. Batu-batu andesit yang ukurannya super jumbo itu tertata secara alami, tapi jika menyaksikan langsung akan tidak percaya bahwa itu karena proses alami sebab tumpukan batu besar yang begitu ganjil bak dibangun oleh arsitektur handal masa lampau, maka warga sekitar menyebutnya sebagai Watu Gandul, batu menggantung.

Tapi ada juga sebagian warga yang mempercayai bahwa batu-batu besar itu memang ditata pada jaman batu oleh nenek moyang masa lampau sebab tak mungkin bentuknya yang begitu artistik, membentuk penompang batu besar yang di sela-selanya ada tiga buah batu besar menggantung secara berundak dengan jarak dua meteran.

Batu yang paling atas lebih besar dibandingkan batu Semar di alun-alun Bojonegoro, lalu dibawahnya lebih kecil dan paling bawah besarnya diantara batu di tengah dan batu paling atas. Sementara di sisi lain bersandar batu besar lainnya di salah satu penompang yang juga berupa batu besar. Sementara batu paling bawah bawah cocok untuk selfie gaya-gayaan seakan dua tangan mengangkat batu besar.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here