Mencicipi Belut Gepuk Khas Pondok Salak

0
517

Menjelajahi Bojonegoro menjadi semakin mengasyikkan dengan merasakan sajian-sajian kuliner khas pedesaan yang banyak tersebar di berbagai pelosok. Kali ini kita akan mencoba mengulik masakan Belut Gepuk ala Warung Pondok Salak, Desa Bendo, Kecamatan Kapas, yang hmm…nikmat dan mantab!

Menu Belut Gepuk ini banyak digemari oleh para penikmat kuliner di warung milik Mas Eko tersebut. Belut Gepuk adalah menu belut yang diolah dengan cara digepuk atau dipukul hingga daging belut agak gepeng dan menjadi empuk sebelum digoreng.

img_6971

Sebelum digoreng, belut berukuran besar yang sudah digepuk dan dipotong-potong harus direndam terlebih dahulu dengan bumbu uleg yang terdiri dari bawang putih, daun jeruk, jeruk nipis, ketumbar, kunyit dan garam.

Setelah direndam selama kurang lebih 5-10 menit, selanjutnya belut siap digoreng dengan minyak yang sudah panas. Butuh sekitar 10 menit atau hingga tekstur belut mulai mengering dan berwarna kecokelatan. Selanjutnya, tiriskan belut goreng tersebut agar minyaknya bisa keluar.

img_6979 img_6980

Dan, untuk langkah terakhir siapkan sambel mentah uleg yang terdiri dari cabai rawit merah, bawang merah, terasi, gula dan garam.

img_6975 img_6986

Belut Gepuk sudah siap dihidangkan dengan tambahan lalapan daun kemangi, kubis dan mentimun, nyam…nyam…selamat menikmati!

img_6991

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here