Festival Hadrah Semarakkan Bulan Suci Ramadhan 1440 H

0
223

BOJONEGORO – Dalam rangka mengisi kegiatan pada bulan Ramadhan 1440 H sebagai upaya melestarikan dan menumbuh kembangkan minat masyarakat terhadap seni hadrah, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro bekerjasama dengan PC Muslimat NU kembali menggelar Festival Hadrah di tahun 2019 ini. Dengan mengusung tema “Ramadhan Karim”, festival ini akan digelar selama tiga hari mulai Senin (27/05/19) hingga Rabu (29/05/19) mendatang.

Festival Hadrah kali ini digelar di Lapangan depan Kantor Kecamatan Baureno, dengan diikuti oleh 42 peserta grup yang berasal dari berbagai daerah se-Kabupaten Bojonegoro. Selain menampilkan kesenian hadrah, juga dimeriahkan dengan puluhan UMKM dari perwakilan setiap Desa se-Kecamatan Baureno dengan menggelar berbagai produk unggulannya di stand bazar area festival.

Turut hadir dalam pembukaan acara tersebut PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Yayan Rohman, AP., MM. , mewakili Bupati Bojonegoro, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Djoko Lukito, S.Sos., MM. ; Kepala Disbudpar Amir Syahid S.Sos., M.Si dan sejumlah OPD di lingkup Pemkab Bojonegoro ; FORPIMCA Baureno ; Tokoh Masyarakat dan warga masyarakat setempat.

“Tujuan digelarnya kegiatan Festival Hadrah adalah untuk melestarikan dan menumbuh kembangkan minat masyarakat terhadap seni Hadrah yang sedang berkembang di Bojonegoro ini. Selain itu, juga untuk membangun rasa cinta terhadap seni hadrah yang merupakan budaya lokal Indonesia itu.” ungkap Pak Amir sapaan akrab Kepala Disbudpar Bojonegoro dalam sambutannya.

Mewakili Bupati Bojonegoro yang berhalangan hadir Yayan Rohman AP., MM menyampaikan bahwa  Festival Hadrah ini digelar guna melestarikan dan mengembangkan budaya Islam, meningkatkan kreatifitas dalam berkarya serta menumbuhkan minat dan menghargai budaya Islam yang ada di Bojonegoro ini.

Kabarnya, pengumuman juara akan diumumkan pada hari terakhir pelaksanaan festival dan pemenang terbaik akan tampil pada saat kegiatan Rampak Bedug yang dilaksanakan pada malam takbir di depan Pendopo Malowopati Kabupaten Bojonegoro. *(on)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here